Kamis, 25 Maret 2010

Cara Mirror Dalam Sketchup


MirrorRuby skrip adalah fie teks sederhana dengan format *. Rb. Untuk menginstal sebagai plugin dalam SketchUp sangat mudah yaitu dengan hanya menyalin / memindahkan file ke dalam folder ‘Plugins’ (dalam struktur folder program SketchUp.) Ketika Anda mulai SketchUp berikutnya, pilihan menu baru harus tersedia di ‘plugin’ menu.

Jika Anda memerlukan petunjuk tentang cara menggunakan ruby, banyak skrip memiliki beberapa langkah petunjuk dalam file, di bagian atas. Anda dapat membuka *. Rb file dengan editor teks sederhana, seperti Notepad. Ini adalah apa yang ada di bagian atas ‘Mirror_31′ rubyscript:

  1. Membuat Seleksi
  2. Pilih ‘Mirror Selection’ dari Plugin Menu atau dari Context Menu
  3. Jika tidak ada Seleksi maka kemudian dialog menginformasikannya
  4. Memilih Point dan RETURN untuk Mirror pada Point
  5. Pilih Point Kedua dan RETURN untuk arah/jalur Mirror
  6. Pilih Point Ketiga memilih untuk Mirror di Plane
  7. Opsi terakhir adalah Erase/hapus obyek yang asli

Cobalah dengan menggunakannya dalam model sederhana, sampai Anda mendapatkan menguasainya (sambil belajar bagaimana menggunakannya, jangan mengambil resiko dengan menggunakan model yang kompleks).

Tidak seperti Autocad. dalam SketchUp pertama Anda harus memilih dan menyalin objek kemudian klik kanan dan pilih ‘flip sepanjang’ untuk cermin itu.

sumber : indo.3dsketchup.com

3 komentar:

  1. yang terbaru dong ommm,kalau bisa update seperti yang ini https://www.sketchupindonesia.com/2018/01/cara-mirror-benda-di-sketchup.html

    BalasHapus